Fair Play "Fun and Fire" at YIS Graduation Ceremony 2024


Fair Play YIS Graduation

Mengikuti serangkaian Graduation Day 2024 YIS Jumat malam lalu adalah salah satu momen terbaik dalam hidup saya dimana saya dapat menyaksikan keceriaan anak-anak yang baru saja merayakan kelulusan mereka mulai dari siswa TK B, Grade 6, Grade 10 dan Grade 12. Graduation Day 2024 YIS ini diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 28 Juni 2024 di Ballroom Hotel Tentrem dimana acara berlangsung dari pukul 17.00-21.00 dengan mengusung tema Fair Play: 'Fun and Fire' yang diinspirasi dari buku tahunan YIS 2023-2024 "Fair Play".  

Fair Play menekankan pentingnya integritas, moral dan saling menghargai serta menjunjung tinggi sportivitas dan keadilan di semua aspek kehidupan. 'FUN' merepresentasikan kebahagiaan dan persahabatan yang merupakan bagian tak terpisahkan selama perjalanan kelulusan sedangkan 'FIRE' merupakan simbol passion, energi dan ambisi yang menggerakkan para wisudawan menuju masa depan yang sukses, mendorong mereka menghadapi tantangan baru dengan penuh semangat. Secara menyeluruh elemen 'FUN' and 'FIRE' bermakna menghargai pencapaian-pencapaian yang ada, merayakan momen sekarang dan menginspirasi masa depan yang cerah dan dinamis.

dok YIS

Sebelum kita mengikuti keseruan Graduation Day-nya YIS ada baiknya kita kenalan dulu sama YIS yang merupakan kepanjangan dari Yogyakarta Independent School yang berdiri awal 1989 dengan hanya  30 murid dan 4 guru. YIS memiliki visi menyediakan lingkungan yang membangkitkan semangat bagi kaum muda untuk menjadi pemikir yang peduli, ingin tahu, dan kritis. Disamping itu juga memberdayakan siswa untuk menjadi relevan dan membuat perbedaan di dunia yang berubah cepat dengan mempertahankan rasa hormat terhadap keberagaman antar budaya, nilai-nilai kemanusiaan dan integritas profesional. Sedangkan misi dari Yogyakarta Independent School sendiri adalah menawarkan kurikulum internasional yang mengintegrasikan prinsip-prinsip dan standar International Baccalaureate (IB) dengan Ujian Nasional (UN). Untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi, sekolah memobilisasi tim guru internasional dan nasional yang berkualitas profesional. Dalam semangat 'mens sana in corpore sano' (pikiran sehat dalam tubuh yang sehat), kampus sekolah memiliki fasilitas ruang kelas yang modern, lapangan olahraga di luar dengan standar Olimpiade, dan kebun raya yang mendekatkan siswa dengan alam. YIS juga merupakan satu-satunya sekolah Internasional di Yogyakarta yang menawarkan program pendidikan IB yang lengkap mulai dari anak usia 3 tahun hingga 18 tahun mulai dari tingkat dasar, menengah dan diploma.

Untuk Graduation Day YIS acaranya terbagi menjadi dua bagian yaitu berupa rangkaian upacara kelulusan dan pertunjukan musik. Acara yang berlangsung 3,5 jam ini dipandu oleh MC Ibu Anna dan Ziva. Di awal acara ada prosesi akedemik dimana para siswa memasuki ruangan acara dengan membawa bendera YIS, bendera Indonesia dan beberapa bendera negara lain dengan total ada 16 bendera yang dibawa dengan menggunakan kostum dengan tema api yang menyala kemudian diikuti olah para wisudawan mulai dari TK B, Grade 6, Grade 10 dan Grade 12.

the students and the flags
Setelah semua wisudawan memasuki ruangan dan duduk di tempat yang sudah di sediakan acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Isabel dan hadirin dimohon untuk berdiri. Setelah selesai menyanyikan lagu Indonesia Raya hadirin dipersilahkan duduk kembali disusul dengan kemunculan pak Ricard frenkel atau yang akrab disapa Pak Rik untuk memberikan sambutan. Pak Rik sendiri adalah Pembina YPIY (Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta) yang menaungi YIS. Saya ingat betul dalam sambutannya Pak Rik mengatakan bahwa hidup itu adalah sebuah permainan yang kita mainkan bersama dan dalam sebuah permainan yang penting itu bukan menang atau kalah tetapi bagaimana tujuan bersama itu bisa tercapai. Sambutan selanjutnya dibawakan oleh Pak Dindit selaku Kepala Sekolah YIS kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda TK B disusul Grade 6, Grade 10 dan terakhir Grade 12.

students TK B

students Grade 6
 
student Grade 10

student Grade 12

Selama prosesi wisuda akan ditampilkan profil wisudawan dan pencapaian maupun aspirasi mereka di LCD yang ada di kanan kiri stage.

student profile and their achievement

Di akhir wisuda ada pidato perpisahan dari para murid yang dibawakan oleh murid grade 12 yang diwakili oleh Gaby, Calvin dan Priyanka. 

Setelah semua prosesi wisuda berakhir acara kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan musik naratif yang berjudul FAIR PLAY: FUN and FIRE dengan latar belakang pasar malam yang merupakan simbol kehidupan dimana semua orang harus belajar pentingnya keadilan dan kebersamaan. Di dalam pertunjukan ini ada kegembiraan anak-anak kecil yang memegangi kembang gula, kemudian ada Lena yang insecure karena merasa dia bukanlah penari sebaik Isabel, tetapi untungnya ada Sophie yang mengingatkan Lena untuk fokus pada apa yang disukainya alih-alih berkompetisi. Kemudian ada Tommy seorang tukang sulap yang ingin menjadi bintang meskipun dia belum berpengalaman tetapi dia tidak pernah lelah untuk berlatih sehingga diapun menuai hasil dari kegigihannya dan komitmennya untuk terus berlatih siang dan malam. Dibalik talentanya Isabel yang membuat Lena insecure ternyata Isabel mempunyai masa lalu yang tidak menyenangkan. Dan ketika pasar malam akan berpindah ke kota selanjutnya para penampil itu mendapatkan refleksi masing-masing dan membawa pelajaran berharga itu sehingga menginspirasi penonton. Dan pertunjukan diakhiri dengan semua penampil menari bersama dengan penuh kegembiraan.

Dengan berakhirnya pertunjukan musik naratif ini berakhir pula rangkaian Graduation Day YIS 2024 yang di tutup dengan Gala Dinner dan Potobooth yang ada diluar Ballroom. Dari sini saya belajar sesungguhnya proses belajar itu harus fair dan menyenangkan sehingga terbentuk karakter manusia yang siap menghadapi tantangan hidup dengan segala perubahannya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Yogyakarta Independent School, Anda dapat mengunjungi situs web mereka di https://www.yis-edu.org atau Instagram @yogyakartaindependentschool atau menghubungi mereka di Jl. Tegal Melati No.1, Jombor Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telpon: +62 274 5305147 atau di whatsApp: +62 8112632442.

And in the end i wanna say Happy Graduation to YIS student 2024 who celebrate.

tidak lupa ikutan potobooth



Posting Komentar untuk "Fair Play "Fun and Fire" at YIS Graduation Ceremony 2024"